Thursday, May 22, 2008

Foto Kontroversial Carter


Ini adalah foto Kevin Carter yang kontroversial. Anda bisa mengkliknya untuk melihat lebih jelas. Foto ini sangat terkenal dan memenangi pulitzer prize di tahun 1994. Foto ini diambil di tahun 1994, ketika kelaparan melanda Sudan. Anak Sudan dalam foto ini kelaparan dan merayap menuju posko makanan PBB yang berjarak sekitar satu kilometer di depannya. Yang membuat foto ini lebih dramatis adalah seekor burung bangkai yang menunggui si bocah mati, sehingga ia bisa memakannya.

Tiba-tiba Carter menjadi bahan pembicaraan dan terkenal atas fotonya yang dramatik. Namun, lama-kelamaan orang bertanya bagaimana nasib si anak sudan ini, karena Carter meninggalkannya begitu saja setelah ia mengambil foto. Pertanyaan itu menghantui Carter dan opini publik menyudutkannya sebagai orang yang tak berkeprimanusiaan, meninggalkan bocah begitu saja dan meraih popularitas atas penderitaan si bocah.

Carter terbebani dan ia mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Pertanyaan bagaimana nasib si bocah tetap hidup dan berkembang pasca kematian Carter. Maka banyak orang mencari tahu. Belakangan si bocah Sudan kemudian diketahui selamat sampai posko PBB.

No comments: