Wednesday, June 24, 2009

Bahasa(2)!

Sebuah infotainment (genre jurnalisme perkawinan informasi dan entertainment) di Sabtu pagi 20 Juni 2009 memberitakan tentang Cici Paramida, artis dangdut yang baru tiga bulan menikah dengan Suhaebi, pengusaha batu bara. Cici ditabrak Suhaebi di sebuah malam di kawasan puncak Bogor. Cici memergoki suaminya bersama seorang perempuan lain dalam sebuah kemacetan puncak. Cici menggedor kaca mobil Range Rover V8 suaminya. Cici berpindah ke depan mobil, menghadang. Range Rover tancap gas, menyerempet Cici, jatuh dan tersungkur di aspal.

Lalu ada kejanggalan dalam kalimat infoitanment tersebut. Perhatikan. "Tapi Suhaebi punya alibi lain." Ia tak mengira yang menghadang istrinya. Ia merasa terancam dan harus menyelamatkan diri. Maka mobil produksi Inggris itu melaju kencang.

Alibi? Mungkin yang dimaksud adalah alasan, argumentasi. Alibi! Apa arti alibi?

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan alibi sebagai bukti bahwa seseorang ada di tempat lain ketika peristiwa pidana terjadi. Dengan kata lain alibi adalah tidak berada di tempat kejadian.

Alibi adalah kata yang paling sering salah digunakan, bahkan terkadang oleh wartawan dalam media cetak. Alibi sering disalahartikan sebagai alasan, argumentasi.

 

2 comments:

Agus said...

Setuja boss.....

smoker said...

Sy malah ga ngerti apa arti sbenarnya ... Sering dengar tp ya bgitu ... Ga ngerti tetep, trus kalimat penyambungnya bgaimana sy bihun