Tuesday, November 24, 2009

The Story Of HIMSAC

(Mengumpulkan yang terserak.red)
diunduh dari http://www.himsac.co.cc/2009/06/story-of-himsac.html
6.19.2009
The Story Of HIMSAC

Himpunan Mahasiswa Serang dan Cilegon di Universitas Lampung dilahirkan pada tanggal 18 Mei 2000. Proses panjang telah dilalui sebelumnya untuk membentuk lembaga ini.. Dengan didasari atas semangat kekeluargaan antar mahasiswa yang berasal dari Serang dan Cilegon. Selain itu organisasi ini muncul bermula karena adanya niatan baik untuk membantu mahasiswa asal Serang dan Cilegon dalam menempuh studi di Universitas Lampung. Tentu pada akhirnya, tujuan organisasi ini bermuara pada pembentukan Sumber daya manusia Serang dan Cilegon yang berkualitas.
Cikal bakal terbentuknya


lembaga ini dimulai pada tahun 1998, berawal dari pertemuan Mahasiswa Unila asal SMUN 1 Serang (HIMA SMUNSA) pada tgl 17 April 1999 dengan hasil kesepakatan untuk mengadakan pertemuan antar mahasiswa UNILA asal Serang dan Cilegon.
Dalam pertemuan-pertemuan berikutnya yang diikuti oleh wakil-wakil dari SMUN 1 Serang, SMUN 1 Cipocok Jaya, SMUN Krawat Watu, SMUN 1 Cilegon, SMUN Ciruas dan MAN 2 Serang disusunlah Panitia Pelaksana Pembentukan Himpunan Mahasiswa asal Banten. Ide dasar dibentuknya Himpunan Mahasiswa asal Banten adalah untuk menumbuhan rasa solidaritas persaudaraan dan persatuan sebagai wahana Silaturahmi antar Mahasiswa satu daerah.

Arief Kautsar (FT Sipil’95), koordinator HIMASMUNSA dipercaya menjadi ketua pelaksana. Hingga akhirnya tepat tanggal 9 mei 1999 bertempat di Gedung E Fakultas Ekonomi terbentuklah suatu lembaga bagi Mahasiswa asal Serang dan Banten, wadah kebersamaan dan Silaturahmi yang bersifat paguyuban. Bernama Keluarga Mahasiswa Banten Raya (KEMBARA) yang diketuai oleh Zulhaidir (FE ’96). Dibawah kepemimpinan Zulhaidir, KEMBARA lebih diarahkan untuk membantu Mahasiswa Unila asal Serang dan Banten dalam mengatasi permasalahan akademis dikampus, sehingga dapat menyelesaikan studi dengan baik, meningkatkan penalaran dan kemampuan analisis sebagai Mahasiswa dalam menghadapi permasalahan sosial dilingkungannya, sekaligus mencari solusinya, serta ikut memberikan sumbangan pemikiran demi pembangunan di daerah Banten . Menjelang akhir kepungurusan, KEMBARA dibekukan dan diganti dengan Forum Mahasiswa Banten.

Kemudian pada tanggal 18 Mei 2000 diselenggarakan MUBES I Mahasiswa Asal Serang dan Cilegon, yang kemudian dikenal sebagai hari jadi HAMAS (Himpunan Mahasiswa Asal Serang dan Cilegon), jabatan Ketua dipegang oleh Ahmad Baidowi (Fisip IP ’98), dan Achdi Supratman (Fisip Kom’98) sebagai Sekretaris Umum.

Selanjutnya pada tanggal 6 Mei 2001, bertempat di Wisma Dahlia Bandar Lampung, kembali digelar MUBES HAMAS II. Dalam Mubes ini terdapat beberapa perubahan dari AD/ART HAMAS antara lain: perubahan nama organisasi HAMAS menjadi HIMSAC (Himpunan Mahasiswa Serang dan Cilegon), kepengurusan periode 2001-2002 HIMSAC dipimpin oleh Achdi Supratman (Fisip Kom’98) sebagai Ketua Umum, dan Jazuli Ramdhan (Teknik Elektro, 98) sebagai Sekretaris Umum. Pada kepengurusan ini, kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana seperti pengajian Rutin, Ifthor Jama’i, Rihlah (rekreasi), Bakti Sosial , dan Try Out SPMB 2002 di GOR Maulana Yusuf Serang dll.

Pada tanggal 19 Mei 2002 di Aula Balai Bahasa kembali diadakan agenda tahunan HIMSAC yaitu MUBES HIMSAC III yang berhasil memilih Ferry Fathurohman (FH ’99) sebagai Ketua Umum, dan Uswatun hasanah (FMIPA, ’99) sebagai Wakil ketua Umum. Kepengurusan ini memiliki 5 departemen : Departemen Agama, PSDM , Keilmuan , Dana Usaha & Kesejahteraan Sosial , dan Kreatifitas yang akan mencoba menggulirkan beberapa progja diantaranya Seminar Daerah , Diklat Jurnalistik, Try Out SPMB, dan beberapa progja yang akan meningkatkan solidaritas dan ukhuwah antara mahasiswa asal Serang dan cilegon.

1 comment:

chox watdefak said...

pak blog saya, tak tutup..saya export ke yg baru...[nyanyian tanpa melodi]