Tuesday, November 24, 2009

Alumni pers kampus Unila dirikan perusahaan

(Mengumpulkan yang terserak.red)
(diunduh dari http://www.jurnalnet.com/konten.php?nama=BeritaUtama&topik=12&id=43)
Alumni pers kampus Unila dirikan perusahaan
Jurnalnet.com (Bandar Lampung)
Eril Sutasena

Bersamaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 pers kampus mahasiswa Surat Kabar Mahasiswa (SKM) Teknokra Universitas Lampung (Unila) dengan dukungan para lulusan Unila yang pernah aktif di sana, sepakat mendirikan Perseroan Terbatas (PT) Teknokra Cendekia Utama.

Menurut Pemimpin Umum SKM Teknokra, Abdul Gofur mendampingi Rektor Unila, Prof Dr Muhajir Utomo yang juga salah satu pendiri Teknokra di Bandar Lampung, Selasa, PT Teknokra Cendekia Utama ("TCU") yang sepakat didirikan bergerak dalam bisnis jasa pendidikan dan pelatihan SDM, informasi dan komunikasi dalam arti luas.

"Rintisannya cukup lama, sekitar tujuh tahun yang lalu," kata Gofur yang belum lama menggantikan Ferry Fathurrachman memimpin pers mahasiswa yang masih eksis hingga sekarang ini.

Rektor Unila, Muhajir Utomo berpendapat, kemampuan para mantan aktivis SKM Teknokra dalam mengembangkan bidang jurnalistik dan pekerjaan lain yang terkait kemampuan itu, sudah tidak diragukan lagi.

Terbukti banyak lulusannya yang bekerja di media massa nasional dan lokal, penulis, LSM, bisnis dan pengusaha yang memiliki kemampuan jurnalistik melebihi lulusan Unila yang lain.

"Dengan dukungan alumni Unila yang pernah aktif di SKM Teknokra, kami sepakat mendorong didirikannya unit bisnis tersebut," kata Muhajir lagi.

Diharapkan, keberadaan PT Teknokra Cendekia Utama dapat memanfaatkan jaringan alumni Unila yang mantan aktivis SKM Teknokra di pelosok tanah air terutama yang telah berkiprah di dunia bisnis, pemerintahan maupun profesional media.

"Semula rencananya hanya akan membentuk Yayasan, tapi melihat perkembangan perguruan tinggi negeri seperti Unila harus mandiri dan otonom, akhirnya pilihan membentuk PT lebih realistis," kata Muhajir pula.

Para pengelola SKM Teknokra pada peringatan HUT ke-28 secara sederhana di markasnya di Kampus Gedongmeneng-Bandar Lampung, Senin (28/2) malam, mengharapkan keberadaan PT Teknokra Cendekia Utama itu dapat menopang pembiayaan penerbitan SKM Teknokra Unila.

"Kami terus menerbitkan tabloid yang segera diubah formatnya menjadi majalah dan penerbitan newsletter yang biayanya masih bersumber dari subsidi mahasiswa Unila," kata Pemimpin Umum SKM Teknokra Unila, Abdul Gofur lagi.

Dia juga berharap keberadaan PT Teknokra Cendekia Utama dapat menjadi salah satu sandaran pekerjaan yang layak ditekuni bagi para lulusan Unila yang pernah aktif di pers mahasiswa itu, agar tidak mesti bersusah payah menjadi PNS atau mencari pekerjaan lain di luar.

Untuk pertamakalinya, pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Teknokra Cendekia Utama, Senin (28/2) telah ditetapkan Dewan Komisaris dan Direksi, dengan Juwendra Asdiansyah sebagai Direktur Utama, Agus Sahlan Mahbub (Direktur Keuangan), dan M. Fahruriza Pradana (Direktur Operasional).***

No comments: