Tuesday, December 29, 2009

Wawancara dengan Ayah Mursyid (Alim)


Wawancara dengan Ayah Mursyid (Alim), Jaro (wakil jaro?) Cibeo, Baduy Dalam, Selasa 8 Desember 2009. 10.30-12.00.

Ayah Mursyid sedang duduk santai di Bale-bale kantor Desa Kanekes bersama Sarpin, H Sapin dan satu dua warga Baduy Dalam yang akan pulang sekembali dari berkebun atau menjual hasil kerajinan dari kota. Jaro Dainah yang saya tuju sedang membenahi kacang yang dijemur dengan sapunya. Ia memberi isyarat pada saya agar langsung saja menemui Ayah Mursyid dan H Sapin.

Saya mengawali dengan bercerita mengenai Suhada yang saya temui sebelumnya. Suhada adalah penulis buku Baduy dalam Rentang Sejarah yang diterima dengan baik di Baduy. Lalu saya menceritakan mengenai penelitian yang berencana menggali hukum pidana adat Baduy untuk dikaitkan dengan Pembaharuan Hukum Pidana Nasional. Ayah Mursyid menyambut antusias. Sebab katanya ini ada patula patali (berkaitan) antara hukum Baduy dan hukum nasional. Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana cara penyelesaian konflik di Baduy?

Rembugan keluarga, silih ngahampura. Lamun teu puas diteruskeun ka Kokolot Lembur, lamun teu puas diteruskeun ka jaro tujuh, lamun teu puas terus ka desa.

Dalam buku Suhada ada istilah Jaro Tangtu, Apa yang disebut Jaro Tangtu?

Jaro kapuunan.

Bagaimana pengaturan hukum pidana/ pelanggaran adat di Baduy?

Dibedakeun beurat jeung ringana perbuatan. Geus aya jalur penyelesaiana. Lamun warga Cibeo anu ngalanggar, dikaluarkeun heula ka Cihulu, lamun Cikartawana ka Sarokokod, Panyaweyan. Cikeusik ka Cibengkung.

Lamun aya pelanggaran adat di kami berarti kudu diurusan dua hal. Lahir jeung batina. Lahirna istilahna kudu dibersihan jalmana disadarkeun (habluminanas) batinna kudu dibersihan oge ku adat (habluminallah?).

Ngabersihan batin/adat anu teu berat teuing disebut ngabokoran.

Ngabersihan batin/adat anu berat misalna menghilangkan nyawa disebut serah pati.

Pelanggaran ringan misalna kata-kata bahasa, pakaian, nu kitu dipapatahan sakali dua kali bisi can nyaho ngalastarikeun adat, tapi lamun masih nya dikaluarkeun.

Bagaimana pertanggungjawabannya?

Secara lahiriah ditanya, dipertanggungjawabkeun sababna bisa ngalanggar.

Secara batiniahnya sumpah adat.

Lamun disumpah bohong biasana aya bae kajadian, boh gering, boh paeh kumaha sumpahna. Biasana 3 bulan kahareup kanyahoan aya bae kejadian.



Note: Foto di atas bukan milik saya. Unduhan. Saat saya sampaikan bahwa saya mengenal Ayah Mursyid dari foto di internet, ia tak menyangka fotonya bisa ada di internet. H Sapin, Sekretaris Desa Kanekes juga ternyata pernah membuka internet dan melihat foto Ayah Musrsyid bersama Jaro Sami. Kawasan Baduy Dalam: Cibeo, Cikeusik dan Cikartawana terlarang untuk difoto, namun di luar kawasan tersebut, kita leluasa mengambil gambar, termasuk warga Baduy Dalam yang sedang ada di luar kawasan Baduy Dalam.

No comments: